Selasa, 25 Agustus 2015

Tips Bangun Pagi-Pagi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



Bangun pagi-pagi bukan hanya membuat pekerjaan cepat terselesaikan, tapi juga menghindari terjadinya terburu - buru karena cepat-cepat ingin menyelesaikan sesuatu yang akan digunakan untuk keperluan sekolah maupun kerjaan dan juga menghindari kemacetan yang membuat kita terlambat dan dihukum *pengalaman.
Masalahnya, seringkali sulit untuk bangun sebelum ayam jago berkokok. Padahal sudah menyetel alarm atau meminta orang tua,kakak,adik atau siapapun yang ada dirumah untuk membangunkan Anda. Namun, seringnya jika kita menyetel alarm kemudian pada saat alarm berdering kita hanya mematikannya saja dan kemudian kita tidur lagi *pengalaman saya hehe,serta kalau dibangunkan oleh orang tua atau siapapun yang ada dirumah, badan akan terasa lemas tak berdaya dan mengulet-ulet bagaikan ulat yang terkena panas ditempat tidur. Untuk mengusir rasa malas dan membiasakan bangun pagi, cobalah cara-cara berikut:

Berdo'a
Sebelum tidur sebaiknya kita berdo'a memohon kepada sang pencipta agar diberikan hidayah untuk bangun pagi.

Mulai Bertahap
Pilih waktu bangun dan setiap hari bangun lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan tadi. Mau bangun jam 04.30, tapi nggak bisa beranjak dari tempat tidur sampai jam 05.00? Coba setel alarm jam 04.00 .kemudian hal itu dijadikan kebiasaan setiap hari,meskipun bangunya tidak tepat waktu tapi kalau terus menerus akan menjadi rutinitas.

Jangan Leha-Leha
Begitu terbangun, langsung bergerak dan bangkit dari tempat tidur. Hal seperti ini membuat badan langsung berenergi dan segar.

Buat Rutinitas
Mandi, sholat, sarapan, baca buku/koran. Ciptakan rutinitas pagi serta lakukan hal yang sama tersebut setiap pagi. Anda akan mudah bangun karena tubuh terpola secara mekanis sesuai jadwal rutin tersebut.

Hindari Tombol 'Snooze'
Snooze yakni tombol yang memberhentikan alarm dan membunyikannya lagi beberapa saat kemudian, biasanya 5-10 menit kemudian. Berkali-kali menekan tombol snooze bisa mengganggu siklus tidur karena membuat Anda terbangun beberapa kali. Hasilnya malah menurunkan kualitas tidur. Efek lainnya mempengaruhi kesadaran, hingga malah membuat Anda merasa makin lelah saat bangun.

Bertanggung Jawab
Katakan pada keluarga atau teman jam berapa Anda hendak bangun pagi. Serta berjanji mengirimkan kabar-lewat SMS atau BBM-pas Anda bangun, yang menyebutkan telah melakukan komitmen Anda tersebut.

Hipnotis Diri Sendiri
Tanamkan pada diri Anda bahwa besok saya harus bangun pagi, dengan begitu alam bawah sadar Anda akan mencerna dan akan selalu diingat sampai pagi. kemudian pada saat sudah pagi, alam bawah sadar akan merangsang Anda untuk segera bangun.

Itulah Tips Bangun Pagi-Pagi dari saya, semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau ada salah kata serta kalau ada saran, kritik yang bersifat membangun silahkan berkomentar. Trimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar